Home > Info Terbaru > Pengenalan Android (Developer / pengembang)

Pengenalan Android (Developer / pengembang)

Pengenalan Android (Developer / pengembang). Pada artikel kali ini saya selaku pemilik blog yang paling ganteng ini akan banyak memberi ilmu kepada anda :v (Sok sokan) tentang pengembangan aplikasi android, sebelum menuju ke tahap pengembangan, terlebih dahulu anda harus mengetahui seluk beluk android yaitu tentang androidnya dan bahasa program yang digunakan.
Pengembangan android umumnya menggunakan java, maka jika anda belum menguasai java anda diharuskan menguasai dulu. jika anda belum kenal dengan java maka anda dapat membaca artikel saya yang dulu disini Pengenalan Pemrograman Java .

Apa itu android?

Sistem operasi android
menurut wikipedia.org android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Sistem android mendukung pemrosesan secara background (latar belakang), menyediakan pustaka(library) yang kaya, mendukung 2D dan 3G graphics menggunakan standar OpenGL-ES dan mengijinkan akses ke file system dan mendukung SQLite Database.

Task
pada android, konsep penggunaan komponen aplikasi lain disebut Task. Beberapa aplikasi android dapat mengakses komponen aplikasi lain. contohnya jika aplikasi anda membutuhkan gambar dari hp, maka anda dapat menggunakan komponen dari aplikasi galeri untuk mengambil gambarnya.

Komponen platform android
Urutan komponen android dapat anda lihat pada gambar dibawah ini

1. Aplikasi, aplikasi pada urutan ini adalah aplikasi yang digunakan pada umumnya, contohnya browser, kamera, galeri, pemutar musik. dll
2. Framework aplikasi, komponen framework bertugas untuk menyediakan API yang mengijinkan interaksi secara High-level dengan sistem android.
3. Pustaka / library, adalah komponen pada sistem android yang menyediakan banyak fungsi umum (seperti render gambar, pengelolaan file, pustaka browser, dll)
4. Runtime, sedangkan runtime hampir sama dengan library tetapi runtime lebih mengarah ke sistemnya. yaitu bertugas untuk menjalankan aplikasi android, didalam runtime terdapat Dalvik VM, dalvik vm adalah mesin java yang akan menjalankan aplikasi android.
5. Linux kernel, kernel adalah program inti dari sistem operasi. linux kernel bertugas untuk berkomunikasi dengan hardware.

akses ke Linux kernel, library, dan runtime dibatasi oleh komponen Framework. pengembang aplikasi android umumnya bekerja pada 2 lapis, yaitu pada lapisan aplikasi dan komponen framework

Google Play
Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko online untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan(cloud). Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Selain sebagai toko online, Google play juga menyediakan akses service dan library untuk programmmer aplikasi android juga, contohnya google play menyediakan service untuk menggunakan dan menampilkan peta dari Google Maps.

sekian dulu, pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang Aplikasi pengembang (Developer tools).

pertanyaan? email : ojixzzz@gmail.com atau silakan komentar broh.

Tags: , , ,



Artikel Yang Lain:


  1. JAsa Pembuatan Website terbaik + Terpercaya
  2. Anggun menyanyikan 2 lagu di X factor Malam ini
  3. Daftar Waktu Lama Berpuasa di Berbagai Negara
  4. Uitemate, Teknik Mengapung yang Telah Menyelamatkan Banyak Nyawa
  5. Optimasi H1 Pada Blog
  6. Prediksi Suku Bunga Bank Indonesia 2014
  7. Cristiano Ronaldo Berhasil Raih FIFA Ballon d’Or 2013
  8. Barcelona Cetak Rekor Saat menaklukkan AC Milan
  9. Pemecah Rekor Dunia Sepak Bola
  10. Cara menginstall BBM di Samsung Galaxy (STAR, Young, Chat Dan lainnya) via Android APK

Comments are closed.