Home > Info Terbaru > Cerita Nokia Saya -From Hero to Zero-

Cerita Nokia Saya -From Hero to Zero-

Selamat malam teman-teman

Logo Nokia – Connecting People

Di malam yang penuh dengan suara takbir dari sekeliling kampung saya, yang sangat menyejukkan ini, saya akan membagikan satu lagi artikel dari VIVAnews.com dengan bagian teknologi yang berjudul sama seperti di atas.

VIVAnews – Nama Nokia akan menjadi sejarah. Perusahaan yang pernah menjadi raksasa ponsel dunia itu kini sudah jadi milik Microsoft.
Ya, raksasa peranti lunak komputer asal Redmont itu telah mengakuisisi divisi ponsel Nokia dengan nilai Rp78,7 triliun.

Tapi, bagi Anda yang tumbuh dewasa pada tahun 1990-an pasti mempunyai kenangan tersendiri dengan ponsel-ponsel buatan Nokia. Mulai dari ketika Anda menyalakan ponsel lalu muncul animasi gambar tangan sedang salaman, sampai game Snake yang melegenda.
Pada masa jayanya, Nokia bukan satu-satunya perusahaan yang membuat ponsel, masih ada beberapa perusahaan lain yang juga merilis ponsel. Tapi, Nokia memenangkan kompetisi. Vendor Finlandia itu merajai pasar ponsel dunia.

“Di era 1990-an, Nokia sangat mendominasi pasar ponsel. Tipe ponsel 3210 adalah ponsel Nokia hampir digunakan semua orang di berbagai penjuru dunia,” kata Ben Wood, analis dari CSS Insight, dilansir BBC, 5 September 2013.

Selama bertahun-tahun, kondisi perusahaan Nokia masih baik-baik saja. Hingga pada Januari 2007, seorang jenius bernama Steve Jobs ikut meramaikan panggung ponsel dengan mengeluarkan iPhone dari sakunya. Ponsel baru itu menjadi titik balik Nokia. Ponsel-ponselnya mulai terpajang di rak-rak kios ponsel, terutama di pasar negara maju.

Jika diamati, sejak iPhone muncul, saham Nokia terus terjun bebas. Berdasarkan data dari perusahaan analis Gartner, pangsa pasar Nokia pada tahun 2007 masih dominan sebanyak 47 persen. Lalu, pada tahun-tahun berikutnya turun menjadi 43,7 persen, 41,1 persen, dan 34,2 persen secara berturut-turut.

Sekarang, per semester pertama tahun 2013, pangsa pasar mantan raja ponsel dunia itu hanya tiga persen.

“Sampai saat ini, Nokia bukannya tidak membuat ponsel yang bagus. Mereka telah melakukan beberapa inovasi. Tapi, Apple lebih jeli melihat kebutuhan konsumen yang menginginkan ponsel berbentuk persegi panjang dan berlayar lebar,” kata Wood.

Hasilnya, ponsel Nokia mulai ditinggalkan. Semua bergerak sangat cepat, dan ponsel Nokia tersingkir oleh keberadaan iPhone, Samsung Galaxy, dan ponsel-ponsel pintar lain. Mungkin saat ini keberadaannya hanya tersimpan di laci-laci di rumah Anda, menjadi kenang-kenangan.

Evolusi ponsel Nokia dari masa ke masa. (Klik link ini untuk memperbesar)

Membangkitkan Nokia

Kehadiran Microsoft diharapkan bisa memberi nafas baru bagi Nokia. Perusahaan binaan Bill Gates itu membeli mayoritas unit ponsel Nokia beserta paten-patennya senilai US$ 7,17 miliar, setara Rp78,7 triliun.

Sebagai permulaan, ponsel-ponsel pintar milik Nokia menggunakan sistem operasi Windows Phone. Meskipun masih tertinggal dari rival kuatnya —Android dan iOS— namun langkah ini adalah momentum awal untuk kembali meraih pasar ponsel dunia.

Bos Microsoft Steve Ballmer mengungkapkan, akuisisi ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kelincahan Microsoft dalam inovasi sistem operasi mobile.

Menurut Roberta Cozza, analis Gartner, langkah Microsoft sudah benar: masuk ke percaturan ponsel bersama Apple dan Google. Sekarang Microsoft tak lagi hanya mempersiapkan perangkat lunak, tapi juga perangkat keras.

“Microsoft harus pintar-pintar mengatur struktur organisasi perusahaan. Biarkan orang-orang Nokia berinovasi di perangkat keras, sementara orang-orang Microsoft tetap fokus di perangkat lunak. Itu strategi terbaik untuk menciptakan produk yang kuat dan lebih kompetitif,” ujar Cozza.

Perlu teman-teman ketahui saya merupakan pengguna setia Nokia. Mulai dari kelas 8 SMP dibelikan oleh ayah HP Nokia 6610i dan setelah lulus SMP alias saat kelas 10 SMA, saya dibelikan HP lagi oleh ayah saya, yaitu Nokia 3110c.

Nokia 6610i

Nokia 3110c

Lalu saat mulai beranjak ke jenjang kuliah, saya tetap tidak mau melirik ke HP merek yang lain. Karena saya berpikir bahwa Nokia adalah salah satu mobile handphone yang sudah cukup mumpuni dan murah dari yang lainnya. Murah? Iya, karena budget yang dikeluarkan oleh ayah saya berkisar antara Rp 500.000 – Rp 800.000 untuk membeli sebuah handphone. Jika harganya melebihi uang yang diberikan oleh ayah, maka harus ditambah dengan uang sendiri, atau handphone yang sudah ada ditukartambah dengan handphone yang akan dibeli.

Sekarang? Di jamannya HP yang tunyuk-tunyuk (menekan jari di touch screen) ini? Saya masih memiliki dan menggunakan Nokia. Nokia 5630 ExpressMusic yang sudah rusak dimana-mana. Tombol down untuk mengecilkan volume entah lepas dimana, sudah tidak kutemukan. Tutup untuk menaruh memory card eksternal sudah copot dan hilang entah kemana. Kamera 3.2 Megapixel yang tertempel sudah tidak bisa digunakan lagi. Dan lebih kerennya lagi, layar atau screen luar sudah tergores benda tajam dan meninggalkan bekas. Serta tidak bisa diisi dengan SIM card untuk menelepon, mengSMS, maupun berinternet lewat GPRS. Jadi, 5630EM ini hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik, online lewat wifi/hotspot, radio, mengirim file lewat fasilitas bluetooth, bermain game dan aplikasi yang sudah terinstal dan mengontrol laptop lewat bluetooth menggunakan aplikasi Witch Remote Control.

bukan 5630 ExpressMusic kepunyaan saya

Terima kasih sudah membaca curhatan saya :D
Semoga terhibur :D :D
Tweet

Tags: , , , , ,



Artikel Yang Lain:


  1. Suami Penghasilan Rendah Suka Main ke Dapur
  2. Uitemate, Teknik Mengapung yang Telah Menyelamatkan Banyak Nyawa
  3. Anggun menyanyikan 2 lagu di X factor Malam ini
  4. Agar Pipi Lesung dengan Operasi Plastik
  5. Update Status Facebook via BlackBerry Palsu dan 100% palsu
  6. Pria Aneh Perkosa 300 Ayam, Polisi Bingung Cari Pasal Pidana
  7. Barcelona Cetak Rekor Saat menaklukkan AC Milan
  8. Lirik Lagu – Grace Alone
  9. Cara sederhana mengekspor dan mengimpor fungsi DLL C plus plus ( Dynamic Library (.dll) C++ exspor ke aplikasi VB )
  10. Yahoo : Survei: Tak Ada Partai Bersih di Indonesia

Comments are closed.

Uitemate, Teknik Mengapung yang Telah Menyelamatkan Banyak Nyawa

Akhirnya hari ini bisa posting dua kali di blog ini setelah tadi posting tentang masalah kesehatan saat kita begadang malam-malam, entah ngerjain tugas sekolah atau kuliah, download film atau anime yang bergiga-giga banyaknya, terus nglanjutin nonton film tersebut, nonton pertandingan sepak bola luar negri, dan lain sebagainya sampai pagi benar. Bahkan sampe siang pun ada. Itu mah bukan begadang. Emang gak niat tidur malam.

teknik mengapung Uitemate

Nah, pada postingan kedua ini aku akan membahas masalah teknik mengambang di air yang bisa menyelamatkan nyawa kamu. Kebanyakan kamu gak bisa berenang, bukan? Kalaupun kamu ada di kolam renang, pasti bakal main-main doang, bisanya cuma gaya batu (tenggelam ke dasar kolam).
Kalaupun bisa berenang pasti bakal milih yang kedalaman sekitar 1,5 meter atau 1,75 meter. Gak mampu berenang ke kolam dengan kedalaman 2 meter atau 3 meter karena takut tenggelam, gak bisa naik ke permukaan dan trauma berenang lagi alias diliputi kekhawatiran kalau kamu bakal mati tenggelam.

Dan belajar berenang pada saat kita ada pelajaran olahraga sangat penting dan bisa menjadi penolong kamu ketika kamu tiba-tiba jatuh ke sungai atau rencana mau senang-senang di pantai eh malah terseret ombak sampai ke laut.

Perlu kamu ketahui juga, banyak kasus orang yang harus kehilangan nyawa karena tenggelam akibat tidak mampu berenang atau kelelahan.

Menurut data korban tenggelam yang tewas atau hilang di Jepang memiliki statistik yang agak aneh terkait usia korban. Menurut survei, sebanyak 803 orang tewas atau hilang tenggelam pada 2013. Lebih dari 47% berusia lebih dari 65 tahun, sementara sisanya kebanyakan berkisar antara usia lulus SMA hingga 65 tahun. Sedangkan anak-anak di bawah usia sekolah dasar hanya berjumlah 44 orang.

Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka meyakini rendahnya korban usia anak disebabkan karena banyak anak SD yang telah mengikuti pelatihan “Bertahan Hidup dengan cara Mengapung dan Menunggu” atau dalam bahasa Jepang “Uitemate“.

Konsep Uitemate sangat sederhana namun efektif. Banyak korban tenggelam jatuh ke dalam air ketika berpakaian lengkap, dan karenanya penting bagi kita untuk mengetahui cara agar tetap bisa mengambang di permukaan dengan kondisi tersebut.

Pada 2008, di Kobe lima orang tenggelam di sungai Toga ketika hujan badai, seorang anak SD dapat diselamatkan karena ia bertahan hidup dengan cara memeluk tas rangsel-nya. Para ahli mengatakan, seseorang dapat dengan mudah mengapung di permukaan air seperti layaknya berang-berang, dengan hanya memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.

Para pelajar di Jepang belajar teknik Uitemate

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air yang dalam pasti selalui dihantui kekhawatiran. Jatuh ke dalam sungai atau laut tanpa memiliki kemampuan berenang akan menjadi mimpi buruk. Banyak kasus orang yang harus kehilangan nyawa karena tenggelam akibat tidak mampu berenang atau kelelahan.

Tapi tahukah Anda, peristiwa menakjubkan lainnya terjadi saat Jepang dihantam Tsunami pada 11 Maret 2011, murid-murid SD di Prefektur Miyagi selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik Uitemate. Saat gempa terjadi, mereka dievakuasi ke gedung olahraga, namun tak lama kemudian mereka terjebak air tsunami yang masuk kedalam gedung dan air makin lama makin meninggi.

Ketika bencana berlalu, para rewalan dibuat takjub saat masuk ke dalam gedung tersebut, tak ada satu pun murid yang tewas tenggelam. Seorang guru mengatakan mereka selamat karena menggunakan teknik Uitemate untuk mengapung. Kebetulan teknik ini telah dipelajari pada saat pelajaran renang. Teknik ini memang telah diajarkan di seluruh Sekolah Dasar di Jepang. Profesor Hidetoshi Saito adalah orang yang mencetuskan ide ini. Ia mendapatkan ilham ketika melihat daun yang mengapung di air.

Saat seseorang jatuh ke dalam air, reaksi spontan adalah berusaha untuk berenang walaupun ternyata ia tidak pandai berenang. Dengan spontan korban juga akan melambai-lambaikan tangannya sambil berteriak minta tolong, tangan yang mengarah ke atas sebenarnya malah akan membuat korban menjadi semakin mudah tenggelam. Menurut Prof. Saito, tindakan ini salah. Yang harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung memakai teknik Uitemate dan tunggulah hingga bantuan datang.

Saat ini teknik Uitemate gencar di kampanyekan ke seluruh dunia, terutama wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dalam satu setengah tahun, 40 instruktur telah dilatih dan 10.000 orang di Sri Lanka telah mendapatkan pelatihan Uitemate.

Untuk belajar teknik ini, berikut tips-tips yang bisa untuk Anda lakukan.

Cara melakukan teknik Uitemate

  1. Tenang dan santai, apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yang pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat anda semakin tenggelam.
  2. Rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.
  3. Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.
  4. Teknik jika memakai sepatu, biarkan sepatu Anda terpasang, berat sepatu tersebut akan bisa membantu mengapung.
  5. Botol kosong, jika ada botol kosong di dekat Anda gunakan botol kosong tersebut untuk didekap pada atas dada Anda, hal ini akan semakin membantu proses mengapung.

Nah, mulai sekarang kita bersama teman-teman kita atau anak-anak kita (bagi yang sudah memiliki anak) bisa belajar menguasai teknik Uitemate ini. Agar di masa depan saat kita mengalami suatu kecelakaan yang melibatkan unsur air (banjir, rob, tsunami, dan lain sebagainya) kita bisa menyelamatkan nyawa kita.

Semoga postingan ini dapat membantu kamu sekalian. Terima kasih telah menyimak.

Sumber

Tweet

Tags: , , , , , , ,



Artikel Yang Lain:


  1. Ini yang Terjadi di Otak Anda Ketika Melihat Video Porno
  2. Video Adele – Someone Like You Versi koplo sera via vallent
  3. Ratu Atut Resmi Ditahan KPK
  4. Heboh, Ada Ular Makan Buaya di Australia
  5. Wow, Ponsel Smartphone Android Ini Dijual Seharga 22 Juta !
  6. Ucapan Selamat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014
  7. Tahukah Anda, 6 Fakta Baru Tentang Kolesterol ?
  8. 10 Situs Web Pencarian Kerja Online Terbaru
  9. Agar Pipi Lesung dengan Operasi Plastik
  10. JKT48 – Pareo is Your Emerald (Pareo wa emerald english)

Comments are closed.